fbpx

BAKTERI YANG BERSEMBUNYI DI DALAM RUMAH

BAKTERI YANG BERSEMBUNYI DI DALAM RUMAH

Seringkali dalam membersihkan rumah, kita hanya menggunakan mata kita untuk mengukur seberapa bersih rumah kita. Padahal, selain debu dan kotoran yang tampak oleh mata kita, ada jutaan bakteri dan virus yang tidak tampak oleh mata kita yang hidup diantara kita.

Debu yang ada di dalam rumah kita mengandung banyak zat dan hewan kecil yang dapat menimbulkan penyakit. Sel kulit mati, rambut, bulu hewan peliharaan, serat karpet dan debu yang masuk ke rumah kita engandung banyak zat kimia, pestisida dan bahan kimia yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Dalam penelitian yang dilakukan, dalam debu yang ada di dalam rumah, terdapat 67 partikel kimia yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Berbagai penyakit dapat timbul, seperti masalah pernapasan, masalah kulit dan alergi, gejala autisme bahkan kanker.

Selain debu dan kotoran, jamur yang ada di dalam rumah juga harus diperhatikan. Jamur yang ada di dalam rumah dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Bagi beberapa orang yang sensitif terhadap jamur, keberadaan jamur dapat menagkibatkan penyakit pada hidung dan tenggorokan, bersin secara terus-menerus, iritasi mata, dan iritasi kulit. Paparan jamur dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan asma dan masalah pernapasan serta pneumia. Untuk beberapa jenis jamur yang timbul akibat permukaan rumah yang lama tidak dibersihkan, dapat mengakibatkan sakit kepala, insomnia, dan bahkan halusinasi.

Ada beberapa bakteri yang umum ditemukan didalam rumah :

  • MRSA (meticillin-resistant Staphylococcus aureus) : Bakteri ini kebal terhadap antibiotik, sehingga seseorang yang trjangkit bakteri ini akan sulit utuk diobati. Cara untuk menghindari dari infeksi bakteri ini adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air panas.
  • Bakteri E Coli 0157 : Bakteri ini lebih berbahaya dari bakteri E coli. Bakteri E Coli 0157 dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Bakteri ini banyak ditemukan di area kamar mandi, terutama toilet.
  • diff atau Clostridium difficile : Bakteri ini dapat mengakibatkan diare ringan maupun parah. Diare parah yang diakibatkan bakteri ini dapat menyebabkan pendarahan pada usus, sehingga mengakibatkan peradangan pada organ pencernaan.
  • Norovirus : bakteri ini dapat menyebabkan muntaber.

Banyak dari bakteri yang ada di sekitar kita tumbuh dan berkembang biak di rumah. Dari penelitian yang ada, kebanyakan infeksi dan penyakit yang ditimbukan oleh bakteri disebabkan oleh bakteri yang ada di rumah. Untuk menghindari perkembang biakan bakteri dari dalam rumah, kita perlu memperhatikan cara, peralatan serta lokasi mana saja yang diperlukan untuk membersihkan rumah secara benar.

Super MOM
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website